PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI SENI ORIGAMI PADA KELOMPOK A TK ISLAM BUNDA KARTINI DEPOK

Penulis

  • Romlah Romlah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Lily Yuntina Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi

Kata Kunci:

Aspek Perkembangan Motorik halus , Seni Origami, Aspek, perkembangan, motorik, Halus, seni, Origami

Abstrak

Tujuan Penelitian untuk mengetahui dan mendapatkan infomasi tentang kegiatan
peningkatan motorik halus anak pada Kelompok A TK Islam Bunda Kartini Depok melalui seni
Origami, Metode Penelitian tindakan kelas dengan Model Kemmis dan Taggart,terdiri dari
dua siklus , disetiap siklus tedapat empat tahap yaitu 1) Perencanaan,2) Tindakan,3) Observasi
dan 4) Refleksi.Pengumpulan data dengan cara observasi,Subjek penelitian adalah Siswa
Kelompok A yang berjumlah 9 siswa , sampel menggunakan sampel Jenuh. Teknik analisis Data
adalah Analisis Diskriptif Persentatif Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan seni
origami dapat yaitu meningkatkan kemampuan motorik halus anak , dapat dilihat dari hasil
rata-rata kelas , Prasiklus 48,33% , Siklus I 60,56%, Siklus II 76,11% Kegiatan Peneltian
Tindakan Kelas berhasil karena telah melebihi nilai ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70%
sesuia dengan kesepakatan bersama dengan kolaborator yaitu dengan Kategori Berkembang
sangat baik

Referensi

Arikunto, S. (2007). Penilaian Tindakan Kelas. 151.

Aulia, C. N. (2017). Metodologi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini . UMSIDA PRESS.

Dkk, D. S. (2017). Media Pembelajaran anak usia Dini. https://pedagogigroup.blogspot.com/2017/12/media-pembelajaran-anak-usia-dini.html

Fernanda, R. A. (2021). Prinsip -prinsip Perkembangan Motorik. PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN MOTORIK. https://www.academia.edu/45121465 /PRINSIP_PRINSIP_PERKEMBANGAN_MOTORIK

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Krisnan. (2018). 5 Pengertian Motorik Kasar Menurut Pendapat Para Ahli. https://meenta.net/motorik-kasar-menurut-ahli/

Maghfiroh, S. dan D. S. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidika Tambusai, 5(1), 1560–1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

Mansur. (2007). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Marinda, L. (2020). teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget. An-E] [ : Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 122–126. https://media.neliti.com/media/publications/340203-teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-00d2756c.pdf

Musyarofah. (2017). PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ABA IV MANGLI JEMBER TAHUN 2016. Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122. https://media.neliti.com/media/publications/223896-pengembangan-aspek-sosial-anak-usia-dini.pdf

Nurfadhilah. (2021). Perkembangan Anak Usia Dini . BAN SISPENA.

Nurjannah. (2017). Mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia melalui Keteladan. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 52. http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/hisbah/issue/view/199

NURLAILI. (2019). Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Modul, 4.

Nurmalitasari. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia PrasekolahNo Title. BULETIN PSIKOLOGI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS GADJAH MADA, 23(2), 103–111. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/10567

Oktaviana, W. F. (2019). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas(origami) pada RA Nurul Huda Gunung Patis. Http//Eprints. Walisongo.Ac.Id /Id/Eprint/12528/1/Skripsi_1503106049 .

Oramas, C. V., Keluarga, D. D., & Oramas, C. V. (2016). LINGKUP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DALAM MELIPAT PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. 2016.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Kemampuan Berbahasa dan Penanaman Moral pada Anak Usia Dini melalui Metode Mendongeng. Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 1(2), 140. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/34/33

Rabudin. (2020). Model Model dalam Penelitian Tindakan kelas. https://www.detikpendidikan.id/2020/12/model-dan-jenis-jenis-ptk.html

Saputra, Y. M. dan R. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Departemen Pendidikan Nasional.

Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik. UMY PRESS.

Sumina Ena dkk. (2018). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini . Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Syahrum dan Chandra Wijaya. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Cita Pustaka.

Thabroni, G. (2021). Pengertian Instrumen Penelitian. https://serupa.id/instrumen-penelitian/

Yuntina, L. (2017). Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan mewarnai gambar di RA Al Muta a’limin Jati Rahayu Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017. Http://E-Journal.Unipma.Ac.Id/Index.Php/JPAUD, 5(1), 22–28. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3961/2041

Zubaedah, E. (2004). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DAN TEKNIK PENGEMBANGAN DI SEKOLAH. Cakrawala Pendidikan, 3, 464. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/7600/pdf

Unduhan

Diterbitkan

25-09-2022

Cara Mengutip

Romlah, R., & Yuntina , L. . (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI SENI ORIGAMI PADA KELOMPOK A TK ISLAM BUNDA KARTINI DEPOK. JPTI (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Indonesia), 1(2), 59–69. Diambil dari http://paud-pancasakti.ac.id/index.php/jpti/article/view/35