UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 0 – 9 MELALUI MEDIA LOOSE PART DI KELOMPOK A PAUD BISMILAH

Penulis

  • nina delfi susanti universitas panca sakti bekasi
  • Chandra Apriyansyah Universitas Panca Sakti Bekasi

Kata Kunci:

Mengenal Angka, Permainan Loose Part

Abstrak

Upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka 0-9 Melalui Media Loosepart Di Kelompok A PAUD Bismillah . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan mengenal angka 0-9  dengan media loosepart di kelompok A PAUD Bismillah, melalui pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelompok A di PAUD Bismillah, melibatkan 22 orang anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik observasi dan dokumentasi dengan instrument penelitian menggunakan lembar observasi. Analisa data yang digunakan menggunakan rumus perhitungan persentase dengan membandingkan hasil  persentase setiap siklus tindakan dengan kondisi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka 0-9 dapat ditingkatkan melelui media loosepart tutup botol.Anak-anak diajak menyebutkan urutan angka 0-9 dengan benar sesuai dengan arahan guru, menunjukkan simbol angka dengan benar sesuai dengan  arahan guru, dan anak mencocokkan  angka 0-9 dengan benar sesuai arahan guru melalui media loosepart tutup botol.

Referensi

Al Farisi Ngemplak Boyolali, R. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Anak Mengaplikasikan Alat Peraga Edukatif Menggunakan Metode Loose Parts. Ejournal.Unma.Ac.Id, 7(2), 465–470. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1095

Artikel, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Variatif dengan Media Loose Part Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014. 1(1), 12–25.

Awan, V., & Hasibuan, M. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 62–70. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6736

Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(8), 5454–5462.

Kasriyati, D., Wahyuni, S., & Reswita, R. (2021). Pelatihan Perencanaan Dan Penerapan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD Kecamatan Rumbai Pesisir. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(2), 34. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5906

Khoiriyah, T., Pusari, R. W., & Rakhmawati, E. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose Part. 11(1), 459–465.

Mubarokah, U. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Loose Parts pada Anak kelompok B TK. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 535–540. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1124

Priyanti, N. Y., Astria, A., Maemunah, M., Apriani, D., & Sandina, S. (2021). Loose Part Media Menarik dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(3), 254–259. https://doi.org/10.37010/kangmas.v2i3.339

Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645

Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., Childhood, E., Kognitif, P., & Dini, A. U. (2022). Media Loose Part Play Dalam Meransang Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. 6(3), 293–299.

Susanti, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Kegiatan Bermain Mengelompokkan Benda Melalui Media Losse Part Saat di Rumah Saja. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 50–62.

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 962. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.493

Wardhani, W. D. L., Misyana, M., Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1894–1904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694

Zahra, A., Harmawati, F. , Pendidikan Guru, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2019). Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B Info Articles. 2, 7–19. https://doi.org/10.31331/emp.v2i1.kodeartikel

Unduhan

Diterbitkan

25-09-2022

Cara Mengutip

delfi susanti, nina, & Apriyansyah, C. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 0 – 9 MELALUI MEDIA LOOSE PART DI KELOMPOK A PAUD BISMILAH. JPTI (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Indonesia), 1(2), 51–59. Diambil dari http://paud-pancasakti.ac.id/index.php/jpti/article/view/33