UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 0 – 9 MELALUI MEDIA LOOSE PART DI KELOMPOK A PAUD BISMILAH
Kata Kunci:
Mengenal Angka, Permainan Loose PartAbstrak
Upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka 0-9 Melalui Media Loosepart Di Kelompok A PAUD Bismillah . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan mengenal angka 0-9 dengan media loosepart di kelompok A PAUD Bismillah, melalui pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelompok A di PAUD Bismillah, melibatkan 22 orang anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik observasi dan dokumentasi dengan instrument penelitian menggunakan lembar observasi. Analisa data yang digunakan menggunakan rumus perhitungan persentase dengan membandingkan hasil persentase setiap siklus tindakan dengan kondisi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka 0-9 dapat ditingkatkan melelui media loosepart tutup botol.Anak-anak diajak menyebutkan urutan angka 0-9 dengan benar sesuai dengan arahan guru, menunjukkan simbol angka dengan benar sesuai dengan arahan guru, dan anak mencocokkan angka 0-9 dengan benar sesuai arahan guru melalui media loosepart tutup botol.
Referensi
Al Farisi Ngemplak Boyolali, R. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Anak Mengaplikasikan Alat Peraga Edukatif Menggunakan Metode Loose Parts. Ejournal.Unma.Ac.Id, 7(2), 465–470. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1095
Artikel, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Variatif dengan Media Loose Part Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014. 1(1), 12–25.
Awan, V., & Hasibuan, M. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 62–70. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6736
Fransiska, Y., & Yenita, R. (2021). Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(8), 5454–5462.
Kasriyati, D., Wahyuni, S., & Reswita, R. (2021). Pelatihan Perencanaan Dan Penerapan Media Loose Parts Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Bagi Guru PAUD Kecamatan Rumbai Pesisir. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 4(2), 34. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i2.5906
Khoiriyah, T., Pusari, R. W., & Rakhmawati, E. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose Part. 11(1), 459–465.
Mubarokah, U. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Loose Parts pada Anak kelompok B TK. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 535–540. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1124
Priyanti, N. Y., Astria, A., Maemunah, M., Apriani, D., & Sandina, S. (2021). Loose Part Media Menarik dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(3), 254–259. https://doi.org/10.37010/kangmas.v2i3.339
Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645
Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., Childhood, E., Kognitif, P., & Dini, A. U. (2022). Media Loose Part Play Dalam Meransang Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. 6(3), 293–299.
Susanti, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Kegiatan Bermain Mengelompokkan Benda Melalui Media Losse Part Saat di Rumah Saja. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 50–62.
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 962. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.493
Wardhani, W. D. L., Misyana, M., Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1894–1904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694
Zahra, A., Harmawati, F. , Pendidikan Guru, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2019). Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B Info Articles. 2, 7–19. https://doi.org/10.31331/emp.v2i1.kodeartikel

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 nina delfi susanti, Chandra Apriyansyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.