UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBELAJARAN KOLASE DENGAN MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI POS PAUD MAWAR CERIA KELURAHAN BAKTIJAYA KECAMATAN SUKMAJAYA DEPOK
Kata Kunci:
kolase, motorik, penelitian, KemampuanAbstrak
Umi Toifah 2022, Upaya Meningkatkan Kemapuan Motorik halus Melalui Pembelajaran Kolase dengan Media Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Pos Paud Mawar Ceria Kelurahan Baktijaya Kecamatan Sukmajaya Depok. Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui pembelajaran kolase. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah anak di Pos Paud Mawar Ceria yang berjumlah 30 anak terdiri dari 15 laki-laki dan 15 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkkan adanya peningkatkan rata-rata presentase kemampuan motorik halus anak dari sebelum tindakan dilakukan atau kondisi awal, 30%, siklus I peningkatan kemampuan motorik halus 63,33%, siklus II peningkatan kemampuan motorik halus anak 86,67% telah memenuhi rata-rata presentase yang di targetkan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Pos Paud Mawar Ceria Kelurahan Baktijaya Kecamatan Sukmajaya Depok.
Referensi
Afni, Darul, D. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Kolase Biji-bijian Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Di PAUD Nurul Hidayah Desa Lampuk Aceh Besar Dahrul. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 1.
Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal JPTI : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/JPTI.v1i2.24
Alvan Hazhari. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Gerak dan Lagu “Bernyanyi Dengan Ria ng.” JoEE: Journal of Early childhood Education, 1(1), 30–40. https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.190
Damayanti, E., & Nasrul, M. A. (2020). CapaianPerkembanganFisikMotorikDan StimulasinyaPadaAnakUsia3-4Tahun. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 67–80. Retrieved from
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2699
Fauziddin, M. (2018). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Universitas Pahlawan Tuanku Tambusi, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Isnainia, & Na’imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan
Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 197–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.968
Nuridayu, N., Kiya, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Gerakan Binatang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 107–120. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2701
Pujianti, R., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Raudhatul Athfal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117–126. https://doi.org/10.32678/AS-SIBYAN.V6I2.4919
Sumiyati, S. (2020). Pelatihan Soft Skill Untuk Meningkatkan Kualitas dan Mutu Layanan PAUD Di Desa Ngagel. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 31–42. Retrievedfrom. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2425

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Umi Toifah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.