UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBELAJARAN KOLASE DENGAN MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI POS PAUD MAWAR CERIA KELURAHAN BAKTIJAYA KECAMATAN SUKMAJAYA DEPOK

Penulis

  • Umi Toifah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Fitrah Mulyanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi

Kata Kunci:

kolase, motorik, penelitian, Kemampuan

Abstrak

Umi Toifah 2022, Upaya Meningkatkan Kemapuan Motorik halus Melalui Pembelajaran Kolase dengan Media Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Pos Paud Mawar Ceria Kelurahan Baktijaya Kecamatan Sukmajaya Depok. Tahun ajaran 2021/2022.  Penelitian ini bertujuan   untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui pembelajaran kolase. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah anak di Pos Paud Mawar Ceria yang berjumlah 30 anak terdiri dari 15 laki-laki dan 15 anak perempuan.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian  menunjukkkan  adanya peningkatkan rata-rata  presentase  kemampuan motorik halus anak dari sebelum tindakan dilakukan atau kondisi awal, 30%, siklus I peningkatan kemampuan motorik halus 63,33%, siklus II peningkatan kemampuan motorik halus anak 86,67% telah memenuhi rata-rata presentase yang di targetkan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Pos Paud Mawar Ceria Kelurahan Baktijaya Kecamatan Sukmajaya Depok.

Referensi

Afni, Darul, D. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Kolase Biji-bijian Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Di PAUD Nurul Hidayah Desa Lampuk Aceh Besar Dahrul. Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 1.

Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal JPTI : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/JPTI.v1i2.24

Alvan Hazhari. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Gerak dan Lagu “Bernyanyi Dengan Ria ng.” JoEE: Journal of Early childhood Education, 1(1), 30–40. https://doi.org/10.54438/joee.v1i1.190

Damayanti, E., & Nasrul, M. A. (2020). CapaianPerkembanganFisikMotorikDan StimulasinyaPadaAnakUsia3-4Tahun. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 67–80. Retrieved from

http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2699

Fauziddin, M. (2018). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Universitas Pahlawan Tuanku Tambusi, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Isnainia, & Na’imah. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan

Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 197–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.968

Nuridayu, N., Kiya, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Gerakan Binatang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 107–120. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2701

Pujianti, R., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Raudhatul Athfal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117–126. https://doi.org/10.32678/AS-SIBYAN.V6I2.4919

Sumiyati, S. (2020). Pelatihan Soft Skill Untuk Meningkatkan Kualitas dan Mutu Layanan PAUD Di Desa Ngagel. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 31–42. Retrievedfrom. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2425

Unduhan

Diterbitkan

25-09-2022

Cara Mengutip

Toifah , U. ., & Mulyanti , F. . (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PEMBELAJARAN KOLASE DENGAN MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI POS PAUD MAWAR CERIA KELURAHAN BAKTIJAYA KECAMATAN SUKMAJAYA DEPOK. JPTI (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Indonesia), 1(2), 22–34. Diambil dari http://paud-pancasakti.ac.id/index.php/jpti/article/view/32