MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI GAMBAR BERSERI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD EL-HUSAENI
Kata Kunci:
Gambar Berseri, meningkatkan, Kemampuan, BahasaAbstrak
Penelitian ini bertujuam untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui gambar berser pada anak usia 5-6 tahun PAUD El-Husaeni Kota Tangerang Selatam Tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah anak PAUD El-Husaeni berjumlah 14 anak, 6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil ini menunjukan adanya peningkatan rata-rata presentase kemampuan bahasa anak dari sebelum tindakan dilakukan atau komdisi awal 14%, siklus I peningkatan kemampuan bahasa 40%, siklus II peningkatkan kemampuan bahasa 80%,dan telah memenuhi rata-rata presentase yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa melalui gambar berseri anak dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak PAUD El-Husaeni Kota Tangerang Selatan tahun 2021/2022
Referensi
Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media Yogyakarta.
A.K, Mudjito. 2007. Pedoman Bidang Pengembangan Pembiasaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
AT Taqwa Kecamatan Berondong Kabupaten Lamongan‟ ,Jurnal Study Program PGRA Vol. 1 No. 2, (Januari 2015).
Daryanto, “Media Pembelajaran”, (Yogyakarta : Gava Media, 2002),
Depdiknas. (2000). Manajemen Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Henry Guntur Tarigan. Menyimak Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa. 1990.
Himatul Farihah, Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak Di Kelompok A TK Plus
Hurlock. Jakarta: Erlangga Dhieni, Nurbiana. dkk. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: University.
Kemmis S dan Mc Taggart R, 1998, The Action Research Planner, (Victoria Dearcin University Press.
Yuntina, L. (2017). Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan mewarnai gambar di RA Al Muta a’limin Jati Rahayu Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017. Http://E-Journal.Unipma.Ac.Id/Index.Php/JPAUD, 5(1), 22–28. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3961/2041
Yuntina, L. (2021). Improvement of Children’S Language Skills Through Singing Activities. Dialectical Literature and Educational Journal, 6(1), 27–35. https://doi.org/10.51714/dlejpancasakti.v6i1.42.pp.27-35
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengembangan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Oemar Hamalik, Media Pendidikan (Bandung : Citra Aditya, 1989).

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Hamdah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.