MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI GAMBAR BERSERI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD EL-HUSAENI

Penulis

  • Hamdah Hamdah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti bekasi
  • Fitrah Mulyanti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti bekasi

Kata Kunci:

Gambar Berseri, meningkatkan, Kemampuan, Bahasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuam untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui gambar berser pada anak usia 5-6 tahun PAUD El-Husaeni Kota Tangerang Selatam Tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah anak PAUD El-Husaeni  berjumlah 14 anak,  6 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan berbagai  cara diantaranya  observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil ini menunjukan adanya peningkatan rata-rata presentase kemampuan bahasa anak dari sebelum tindakan dilakukan atau komdisi awal 14%, siklus I peningkatan kemampuan bahasa 40%, siklus II peningkatkan kemampuan bahasa 80%,dan telah memenuhi rata-rata presentase yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian  bahwa melalui gambar berseri anak dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak PAUD El-Husaeni Kota Tangerang Selatan tahun 2021/2022

Referensi

Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media Yogyakarta.

A.K, Mudjito. 2007. Pedoman Bidang Pengembangan Pembiasaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

AT Taqwa Kecamatan Berondong Kabupaten Lamongan‟ ,Jurnal Study Program PGRA Vol. 1 No. 2, (Januari 2015).

Daryanto, “Media Pembelajaran”, (Yogyakarta : Gava Media, 2002),

Depdiknas. (2000). Manajemen Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Henry Guntur Tarigan. Menyimak Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa. 1990.

Himatul Farihah, Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak Di Kelompok A TK Plus

Hurlock. Jakarta: Erlangga Dhieni, Nurbiana. dkk. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: University.

Kemmis S dan Mc Taggart R, 1998, The Action Research Planner, (Victoria Dearcin University Press.

Yuntina, L. (2017). Peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui kegiatan mewarnai gambar di RA Al Muta a’limin Jati Rahayu Kota Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017. Http://E-Journal.Unipma.Ac.Id/Index.Php/JPAUD, 5(1), 22–28. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3961/2041

Yuntina, L. (2021). Improvement of Children’S Language Skills Through Singing Activities. Dialectical Literature and Educational Journal, 6(1), 27–35. https://doi.org/10.51714/dlejpancasakti.v6i1.42.pp.27-35

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengembangan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Oemar Hamalik, Media Pendidikan (Bandung : Citra Aditya, 1989).

Unduhan

Diterbitkan

25-09-2022

Cara Mengutip

Hamdah, H., & Mulyanti, F. . (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI GAMBAR BERSERI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD EL-HUSAENI. JPTI (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Indonesia), 1(2), 9–22. Diambil dari http://paud-pancasakti.ac.id/index.php/jpti/article/view/31