UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN BERMAIN DARI BAHAN ALAM DI PAUD TAMAN SEMINARI SANTA CICILIA

Penulis

  • Gabriela Olivia Dian Chintia Fakulas Ilmu Pendidikan, Universitas Panca Sakti
  • Chandra Apriyansyah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi

Kata Kunci:

Bahan Alam , Kreativitas, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dilatar belakangi rendahnya tingkat kreativitas melalui kegiatan bermain dari bahan alam di Paud Taman Seminari Santa Cicilia Kabupaten Karawang. Selain itu juga karena efek pandemic Covid-19 yang menghambat dunia pendidikan, membuat anak menjadi belajar secara daring dan berdampak pada ketergantungan anak pada gadget. Diharapkan melalui penelitian ini menjadikan anak belajar untuk mengetahui betapa banyaknya sarana permainan untuk mereka yang berbahan alam di sekeliling mereka atau bahkan dirumah mereka sehingga mereka dapat mengembangkan kreativitas. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di Paud Taman Seminari Santa Cicilia Karawang dengan jumlah siswa 16 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Hasil yang diperoleh dari analisis data meningkatkan kreativitas melalui bahan alam yang menggunakan metode demonstrasi pada siklus I 50%. Hal ini dapat terlihat bahwa penelitian tindakan kelas dengan metode demonstrasi pada siklus I belum tercapai. Pada siklus II hasil analisis data menunjukkan telah mencapai target 100%. Dari penitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bahan alam dapat meningkatkan kreativitas melalui bahan alam kelompok B di PAUD Taman Seminari Santa Cicilia Karawang.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Augusta. 2012. Pengertian Anak Usia Dini. http://infoini.com/pengertian anak usia dini.

Catron, C.E. dan Allen, J. 1999. Early Childhood Curriculum. A Creative-Play. Model. Ohio: Prentice Hall

Chaplin, J.P. 1989. Kamus Lengkap Psikologi. Terj. Dr. Kartono dan Kartini. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Dadan, Suryana. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press Padang

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Depdikbud.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas

Gallagher, James, J. 1985. Teaching The Gifted Child. Boston: Allyn And. Bacon, Inc.

Indraswari, Lolita. 2011. PeningkatanPerkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-kanak Pembina Agama. Jurnal Pesona PAUD Volume 1 Nomor 1 tahun 2011

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres

Mulyasa. 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD.dalam perspektif Islami. Yogyakarta: Laksana

Supriadi, Dedi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Semiawan, Conny, R. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

25-09-2022

Cara Mengutip

Olivia Dian Chintia, G. ., & Apriyansyah, C. . (2022). UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN BERMAIN DARI BAHAN ALAM DI PAUD TAMAN SEMINARI SANTA CICILIA. JPTI (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Indonesia), 1(2), 1–8. Diambil dari http://paud-pancasakti.ac.id/index.php/jpti/article/view/1